1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Tubuh yang terjaga kebersihannya bisa menghindarkan kamu dari bau badan. Cara ini meskipun umum dan biasa tapi ini tak bisa diacuhkan bila kamu ingin aroma tubuhmu tetap segar. Mandi secara teratur tentu saja salah satu hal yang wajib kamu lakukan. Kamu bisa menikmati waktu mandimu dengan berendam dalam air yang diberi  aromaterapi dari essential oil. Pastikan juga mengeringkan badanmu dengan benar setelah mandi, karena bagian tubuh yang masih basah mudah menjadi tempat berkembang bakteri dan jamur penyebab bau badan.

Kamu juga sebaiknya memperhatikan kebersihan bagian tubuh tertentu seperti kaki dan ketiak karena bagian tubuh ini bisa menyebabkan bau tak sedap. Gantilah kaus kaki secara rutin dan bersihkan sepatumu terutama bila kamu tergolong orang yang aktif. Begitu pula dengan kebersihan ketiak karena bagian ini paling mudah berkeringat maka rentan menimbulkan bau tak sedap. Gunakan bedak tabur atau deodorant untuk mengurangi keringat berlebih.

2. Simpan & Bersihkan Pakaian dengan Benar

Pakaian yang kamu kenakan bisa jadi sumber bau badan. Pakaian harus rutin di cuci karena kotoran yang menumpuk bisa menjadi penyebab bau badan. Pakaian yang disimpan terlalu lama dalam tempat lembab biasanya akan berbau apak. Agar terhindar dari hal ini, gunakan pengharum lemari seperti kapur barus atau pewangi lemari pakaian, dengan begitu baju akan tetap harum ketika akan dikenakan. Hindari menyimpan pakaian yang tidak kering sempurna termasuk pakaian yang dikeringkan dengan cara disetrika, karena bau pakaian yang tidak kering benar dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Pilihan detergent untuk baju juga sudah beragam termasuk detergent dengan pewangi yang harum seperti parfum, kamu bisa memilih detergent dengan aroma yang kamu suka sebagai alternatif pewangi untuk tubuh.

 

source: http://www.dontpayfull.com/blog/affordable-ways-to-organize-your-closet-like-a-pro
baca juga

3. Konsumsi Makanan & Hidrasi Tubuh dengan Baik

Makanan yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi aroma alami tubuhmu. Karena itu perhatikan asupan makananmu dengan mengkonsumsi lebih banyak buah, sayur, daging putih. Konsumsi bawang, daging merah, atau keju secara berlebihan dapat mempengaruhi aroma tubuhmu menjadi tidak sedap dan dapat menyebabkan bau mulut. 

Tubuh juga perlu terhidrasi dengan baik. Selain karena baik untuk kesehatan, menghidrasi tubuh juga menjaga kulit tetap lembab sehingga memaksimalkan pewangi yang kamu gunakan baik parfum, body lotion, body mist dan lain sebagainya. Kulit yang kering membuat pewangi yang kamu gunakan tidak bertahan lama. Minum cukup air juga menghindarkan kamu dari bau mulut.

source: http://www.lisamariefitness.com/nutrition/water-tips/

4. Bawa Perlengkapan Ini ketika Beraktivitas

Aktivitas diluar ruangan membuat kamu mudah berkeringat, selain itu asap kendaraan, polusi, atau debu yang menempel ditubuhmu bisa menyebabkan bau tak sedap. Beberapa barang bisa kamu bawa untuk menjaga kesegaranmu seperti tisu basah untuk membersihkan wajah dari keringat dan minyak, hair spray agar rambutmu tetap wangi, permen mint agar nafasmu tetap segar, pewangi tubuh yang ringan dibawa, dan body lotion agar kulit tetap lembab serta harum.

baca juga

5. Gunakan Pewangi Tubuh dengan Benar

Ada banyak pilihan pewangi tubuh di pasaran. Kamu bisa pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Pewangi yang paling umum digunakan yaitu parfum. Supaya penggunaan parfum lebih efektif dan aromanya dapat bertahan lama, gunakan parfum pada titik nadi seperti pergelangan kaki, belakang lutut, belakang telinga, dada, dan yang paling penting pergelangan tangan. Penggunaan vitamin E pada bagian kulit yang akan disemprot parfum akan membuat wangi parfum mudah meresap dan bertahan lebih lama. Agar aroma parfum tidak menyengat semprotkan 30 menit sebelum aktivitas dengan jarak semprotan selangkah dari badan. Jika kamu punya aktivitas yang padat kamu bisa mengulang penggunaan parfum 1 hingga 3 kali dalam sehari.

source: http://www.alux.com/wasting-expensive-perfume/