Kenali Rosacea Sebelum Terlambat

Beautynesian, pernahkah kamu mendengar tentang rosacea? Rosacea merupakan skin problem di mana warna kemerahan muncul pada wajah, terutama pada bagian pipi dan hidung. Walaupun permasalahan kulit ini sering dianggap sepele, tetapi kalau tidak segera diatasi, kondisinya bisa semakin memburuk dengan disertai munculnya bruntusan pada kulit lho. Jadi, kamu harus lebih peka dan mencegahnya sebelum terlambat. 

One thing you could do is to know the symptom. Jika kamu bisa mengenali tanda-tandanya dan penyebabnya sejak dini, kamu bisa mencegah rosacea untuk semakin menjajah dan merusak kulitmu. Kenali tanda-tanda dan penyebab rosacea berikut ini yuk!
 

source: http://www.everydayhealth.com/rosacea/rosacea-treatment.aspx


 


Gejala dan Tanda-Tanda Kamu Menderita Rosacea


Muncul Iritasi Pada Mata

Ini adalah tanda-tanda yang paling umum. Penderita rosacea akan mengalami iritasi pada mata seperti iritasi, berair, memerah, atau bahkan menjadi bengkak. Kondisi ini biasanya disebut dengan ocular rosacea.

Wajah yang Membengkak

Jika tiba-tiba wajahmu membengkak, kamu berarti sudah masuk dalam fase edema. Biasanya, bengkak ini akan muncul dengan disertai tanda-tanda rosacea lainnya. 

Wajah Terasa Panas atau Terbakar

Penderita rosacea akan sering merasakan sensasi panas atau terbakar pada wajahnya. Keadaan ini nantinya akan menyebabkan wajahmu terasa kencang ataupun gatal.

Muncul Bintik-Bintik Merah

Next, bintik merah atau yang sering disebut red patches akan mulai muncul tanpa merubah tekstur kulitmu. 

Wajah yang Terlihat Kering

Lama kelamaan, wajahmu akan terlihat kering karena kulit yang semakin tertarik. 

Kulit yang Terasa Tebal

Kulitmu nantinya semakin menebal, terutama pada area hidung. Kondisi ini disebut dengan rhinophyma yang biasanya lebih banyak menyerang pria dibandingkan wanita. 
 

source: http://howtogetridofrosacea.trusted-guide.com/


Apa yang Menyebabkan Rosacea?

Penyebab rosacea hingga saat ini masih belum diketahui, tetapi para peneliti telah menemukan beberapa faktor berikut yang mungkin bisa menjadi penyebab rosacea.

  1. Kelainan pembuluh darah. Kelainan pembuluh darah pada wajah bisa menjadi penyebab utama rosacea karena bisa menimbulkan warna kemerahan dan pembuluh darah yang terlihat. Paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa memicu pembuluh darah untuk membesar sehingga semakin visible.
  2. Tungau mikroskopis (microscopic mites) merupakan arthropoda kecil yang tinggal di dalam kulit manusia. Pada kasus rosacea, tungau ini banyak ditemukan ketika jumlahnya semakin bertambah. Oleh karena itu, banyak para peneliti yang menduga jika tungau ini merupakan penyebab rosacea. 
  3. Penyakit keturunan. Beberapa penderita rosacea memiliki keluarga yang juga menderita penyakit yang sama. 


Pemicu Munculnya Rosacea

Para penderita rosacea menemukan bahwa kondisi kulit mereka semakin parah ketika mereka melakukan hal-hal berikut ini:
  • Minum minuman beralkohol
  • Terkena paparan sinar UV
  • Udara yang lembap
  • Olahraga yang berlebihan
  • Mandi dengan air hangat
  • Minum minuman yang panas
  • Cuaca panas atau dingin
  • Angin kencang
  • Kafein
  • Makanan pedas
  • Stres
Nah Beautynesian, sebaiknya kamu lebih peka dengan keadaan kulitmu agar bisa terhidar dari penyakit rosacea ini. Walaupun tidak tergolong kategori penyakit berbahaya, rosacea ini bisa sangat mengganggu penampilan kamu dan menurunkan rasa percaya dirimu. Semoga artikel ini bermanfaat ya Beautynesian!