Apakah kamu salah satu wanita yang mengalami mata panda? Lingkaran hitam di bawah mata ini terkadang menjadi sangat mengganggu penampilan karena membuat tampilan wajah terlihat kusam. Makeup sering diandalkan sebagai solusi menyamarkan mata panda. Namun sebelum itu ada baiknya kamu juga mengenali beberapa tipe mata panda. Dilansir dari BiBeaute.com, berikut tipe mata panda dan solusi untuk menyamarkannya.

source: http://news.livedoor.com/article/detail/11143168/

Kenali Tipe Mata Panda


Secara umum mata panda dibedakan menjadi 3 tipe dengan penyebab yang berbeda. Kira-kira tipe mata panda mana yang kamu alami?

baca juga

Mata Panda Tipe ① Lingkaran Bawah Mata Bewarna Kebiru-biruan

Ciri: Warna akan terlihat jelas jika kulit sedikit ditarik.

Penyebab: Kelelahan dan kurang tidur, serta peredaran darah yang kurang lancar menjadi penyebab utama mata panda tipe ini. Pada umumnya mata panda tipe ini yang paling banyak dialami.

source: http://www.skincare-univ.com/article/000043/

Mata Panda Tipe ② Lingkaran Bawah Mata Bewarna Kecokelatan

Ciri: Tidak terlihat adanya perubahan warna meskipun kulit digerak-gerakan dengan jari.

Penyebab: Terjadinya pigmentasi kulit yang disebabkan karena adanya gesekan ketika mengucek mata, atau bisa juga disebabkan karena kurang bersih membersihkan makeup sehingga masih ada sisa-sisa yang masih menempel.

source: http://www.skincare-univ.com/article/000043/
baca juga

Mata Panda Tipe ③ Lingkaran Bawah Mata Bewarna Kehitaman

Ciri: Warna hitam tidak tampak ketika kepala sedikit didongakkan.

Penyebab: Terjadinya penuaan pada kulit. Warna hitam yang nampak bukan disebabkan karena pigmentasi ataupun peredaran darah yang kurang lancar, melainkan bayangan yang tercipta karena kulit yang mengalami pengenduran.
 

source: http://www.skincare-univ.com/article/000043/

Atasi Mata Panda Sesuai dengan Tipenya


Poin penting untuk menutupi mata panda dengan mekeup adalah pemilihan yang tepat. Concealer dan color corrector bisa kamu andalkan sebagai salah satu cara instan untuk atasi mata panda.

a. Mata panda yang disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar → terlihat warna kebiru-biruan → gunakan concealer warna orange

 

source: http://www.thestyleandbeautydoctor.com/2016/01/nyx-full-coverage-orange-concealer-vs-la-girl-orange-corrector/

b. Mata panda yang disebabkan oleh pigmentasi → terlihat warna kecokelatan → gunakan concealer warna kuning

 

source: http://verosxworld.blogspot.co.id/2015/03/concealer-basics-color-correcting.html

c. Mata panda yang disebabkan oleh kulit yang kendur → terlihat warna kehitaman → gunakan color base bewarna orange

source: http://mezase-irojiro.com/archives/56

Poin penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah jangan gunakan warna yang sama dengan warna kulitmu. Jika kamu menggunakan warna yang sama dengan warna kulit, maka warna makeup cenderung tenggelam, tidak bisa menyamarkan mata panda.

Terlalu banyak menggunakan produk concealer/color correcting juga tidak disarankan karena dapat membuat mata panda menjadi lebih mencolok (terlihat). Baurkan warna secara perlahan dengan menepuk-nepukan produk di sekitar bawah mata.

Dengan mengenali tipe mata panda, kamu bisa mengatasinya dengan cara yang tepat dan hasil yang maksimal. Tanpa mata panda tentunya tampilan wajah akan terlihat lebih fresh. Bye-bye mata panda!