Cemilan sehat tentunya dapat menyumbang energi untuk jangka waktu lebih lama. Selain itu kamu juga akan terhindar dari rasa ngantuk yang biasanya terjadi karena konsumsi gula berlebihan. Cemilan juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dalam beberapa jam sehingga dapat menstabilkan kerja metabolisme dan gula darah. Berikut beberapa macam cemilan sehat yang bisa kamu coba. 
 

1. Buah Kering

Daripada memilih kue atau biscuit coba konsumsi buah-buahan kering seperti almond, kismis, kurma dan buah prune. Kacang almond mengandung antioksidan dan serat yang bagus agar kamu dapat merasa kenyang lebih lama. Sedangkan buah-buahan kering lainnya sangat baik untuk membentuk energi dan metabolisme tubuh yang baik. Mengonsumsi 14 butir kacang almond hanya setara dengan 98 kalori. Tentu hal ini lebih baik daripada kamu mengonsumsi makanan tinggi energi dan lemak seperti kue ataupun keripik. 
 

source: http://lifestyle.sindonews.com/read/958302/155/manfaat-mengonsumsi-buah-kering-bagi-kesehatan-1422685750
<baca juga>

2. Oatmeal

Bila selama ini oatmeal hanya dikonsumsi saat sarapan, tak ada salahnya ngemil sehat dengan oatmeal. Bila ingin menambah cita rasa kamu boleh menambahkan buah seperti strowbery. Buah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Oatmeal mengandung serat tinggi yang dapat menjaga kadar gula darah tidak melonjak drastis. 
 

source: https://silk.com/recipes/simple-overnight-oatmeal

3. Agar-Agar

Agar-agar bisa menjadi salah satu alternatif cemilan sehat buat kamu. Variannya juga lebih beragam seperti buah yang tidak akan membuatmu merasa bosan. Agar-gar memiliki kandungan serat tingga dan rendah kalori. Sehingga dapat memperlancar pencernaan dan juga bisa mengontrol berat badan. 
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=o_u21ZAAQuo
<baca juga>

4. Popcorn

Popcorn ternyata menjadi salah satu cemilan favorit yang masih tergolong sehat. Sebuah studi juga menyebutkan bahwa popcorn lebih memuaskan keinginan ngemil daripada keripik kentang. Dr David Katz, durektur Yale University Prevention Research Center menyebutkan bahwa jagung utuh kaya serat, rendah kalori dan bergizi. Dua mangkok popcorn tanpa rasa mengandung serat 2,3 gr dan 62 kalori. Sebaiknya jangan tambahkan butter atau apapun bila tidak ingin kalorinya meningkat. 

source: http://www.newhealthadvisor.com/Is-Popcorn-Gluten-Free.html

5. Pisang

Buah pisang bisa diandalkan untuk mendapatkan cemilan sehat yang lebih baik. Namun sebaiknya pilih pisang yang belum terlalu matang. Pisang tersebut mengandung karbohidrat yang memungkinkan lebih lama dicerna sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. bila bosan coba tambahkan selai kacang untuk menambah kandungan protein di dalamnya. Mengonsumsi selai kacang dapat meredam keinginan makan sepanjang hari. 
 

source: http://food.detik.com/read/2015/10/24/134952/3052331/900/makan-keju-dan-cokelat-saat-diet-tak-akan-naikkan-berat-badan--2-

6. Teh Hijau

Selain dari makanan, minuman seperti teh hijau juga bisa menjadi pilihan menarik buat kamu. Terutama saat sore hari berkumpul bersama keluarga. Bila tidak terlalu lapar minumlah teh hijau yang juga baik untuk kesehatan. Teh hijau dianggap mampu menurunkan berat badan karena mengandung antioksidan yang membantu proses metabolisme tubuh. 
 

source: http://www.cantikalamiku.com/

Itulah beberapa makanan yang bisa menjadi pendamping diantara waktu makan. Cemilan yang baik tentunya tidak mengganggu porsi saat makan besar tiba. Sebaiknya juga tidak mengandung lebih dari 200 kalori dengan 10 gr protein dan 5 gr serat. Yuk ngemil sehat, Beautynesian!