Teknik Swatch yang Salah

Kita sering melakukan swatch pada tangan padahal warna kulit tangan dan wajah cenderung berbeda. Lakukan swatch pada area sekitar jawline dan jika kamu tidak bisa membedakan warnanya, itulah shade yang paling tepat untuk kulitmu. Lakukan juga di tepat terbuka jika memungkinkan karena pencahayaan di dalam ruangan berbeda dengan pencahayan natural.

source: http://www.thebrunettediaries.com/6-signs-that-youre-wearing-the-wrong-shade-of-foundation/

Menggunakan Formula yang Tidak Sesuai Kebutuhan

Foundation yang bagus untuk orang lain belum tentu bagus untuk kita. Kuli tkering seharusnya menggunakan liquid foundation yang lebih hydrating. Tentunya matte finish foundation baik untuk kulit berminyak. Mengaplikasikan creamy foundation pada kulit berminyak akan menyebabkan clog pore dan breakouts. Matte finish pada dry skin akan mempertegas fine lines.

source: http://trendyceleb.com/five-makeup-mistakes-avoid-summer/3888
baca juga

Mengggunakan Makeup Tool yang Salah

Sebaiknya jangan menggunakan tangan untuk mengaplikasikan makeup karena dapat mentransfer bakteri apalagi pada wajah berjerawat. Gunakan foundation brush berkualitas untuk meratakan founation lalu gunakan beauty blender basah untuk airbrushed finish. Pastikan untuk mencuci tools setiap dua minggu. 

source: http://www.rafichowdhury.com/question-foundations/

Makeup Hanya Sampai Jawline

Me-makeup wajah bukan berarti kita hanya perlu mengaplikasikan produk pada wajah, lho! Jangan lupakan bagian leher yang cenderung memiliki shade yang berbeda dengan kulit wajah. Pastikan produk ter-blend dengan baik tanpa meninggalkan harsh lines. Gunakan brush lembut untuk meratakan produk.

source: http://mugeek.vidalondon.net/how-to-blend-makeup-on-your-neck/
baca juga

Terlalu Banyak Menggunakan Foundation

Tujuan dari makeup adalah menutupi flaws, bukannya mengganti wajah seperti sedang menggunakan topeng. Jika wajah terasa berat setelah selesai mengaplikasikan foundation, itu artinya terlalu banyak produk yang di-apply. Foundation yang terlalu banyak justru akan menyebabkan makeup mengalami cake-on. Aplikasikan secara tipis-tipis foundation hingga didapatkan coverage yang seimbang lalu aplikasikan concealer pada area yang dianggap perlu. Usahakan untuk terlihat senatural mungkin agar tidak terlihat seperti topeng.

source: http://theverso.ca/2015/02/foundation-girls-hate-foundation/