1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat adalah hal biasa. Namun mandi air hangat yang dicampur dengan daun sirih mampu menyegarkan tubuhmu yang lelah akibat padatnya aktivitasmu sepanjang hari. Selain menyegarkan, peredaran darah menjadi lebih lancar dan membuat saraf di tubuh menjadi lebih santai. Kondisi ini akan menjadikan tidur lebih nyenyak dan pulas.
 

http://gayahidup.dreamers.id/article/23174/inilah-efek-dari-mandi-malam-hari-dengan-air-hangat

2. Minum Air Putih Hangat

Air putih hangat dapat membersihkan tubuh dari racun akibat makanan yang kamu konsumsi sepanjang hari. Air putih hangat juga dapat melancarkan peredaran darah dan melindungi tubuh dari dehidrasi ketika tubuh sedang beristirahat panjang sepanjang malam. Jika kamu terbangun di tengah malam, dianjurkan tetap meneguk sedikit air hangat.

http://health.kompas.com/read/2016/04/16/200000623/Perlukah.Minum.Air.Putih.Sebelum.Tidur.
 
baca juga

3. Perhatikan Apa Yang Kamu Makan

Jika kamu harus mengerjakan setumpuk pekerjaan dan terpaksa harus lembur di kantor, lebih baik tidak mengkonsumsi makanan berat setelah pukul 19.00. Hindari menyantap makanan berlemak di malam hari, karena di malam hari kamu tidak membutuhkan banyak aktivitas. Makanlah sedikit karbohidrat dengan kombinasi banyak serat seperti sayur dan buah - buahan segar, agar pencernaan tidak bekerja berat di malam hari. Tidurmu pun akan nyenyak dan keesokan harinya kamu akan bangun dalam keadaan segar.

source: https://cdn.pixabay.com/

4. Tidak Melakukan Aktivitas Berat

Hindari melakukan aktivitas yang berat di malam hari. Membaca buku atau mendengarkan musik adalah pilihan aktivitas ringan yang dapat kamu lakukan. Membaca buku akan melatih sel - sel otak dan meningkatkan memorimu menjadi lebih baik. Sedangkan mendengarkan musik berirama lembut akan membantumu melancarkan peredaran darah, yang membuatmu tidur lebih santai dan berkualitas. Matikan semua alat elektronik menjelang tidur.
 

https://www.merdeka.com/gaya/orang-indonesia-hobi-dengar-musik-sebelum-tidur-apa-manfaatnya.html
baca juga

5. Tidur Pada Jam Yang Teratur

Tidurlah pada jam yang teratur setiap hari, agar kamu memiliki kualitas tidur yang efektif. Tidur terlalu larut selain tidak baik bagi kesehatan, akan mengganggu sistem pada tubuh. Selain itu jika kurang tidur dapat menyebabkan mata sembab sehingga wajah terlihat lebih tua pada keesokan harinya.

 

source: http://flickr.com

6. Bebaskan Dirimu Dari Stress

Menjelang tidur, sebaiknya selesaikan masalah yang menggantung. Stress yang diakibatkan karena memikirkan sesuatu yang berkepanjangan akan menyebabkan tidurmu terganggu sepanjang malam.
https://www.alodokter.com/hidup-sehat

7. Hindari Mengkonsumsi "Zat Beracun"

Hindari mengkonsumsi alkohol, minuman bersoda, kopi maupun rokok menjelang tidur. Semua hal ini akan merusak pembuluh darah dan memicu beberapa serangan penyakit seperti jantung, darah tinggi dan sebagainya. Insomnia adalah salah satu penyebab mengkonsumsi 4 hal diatas, yang menyebabkan saraf otak mengalami gangguan perubahan dan penyumbatan, yang menjadikan tidurmu tidak nyenyak.

http://dawaiberita.blogspot.co.id/2015/04/5-minuman-keras-asli-indonesia-paling.html